TDMRC USK Menggelar Seminar Peringatan 18 Tahun Tsunami di Aceh

Tsunami Disaster Mitigation Research Center (TDMRC)  dan Magister Ilmu Kebencanaan (MIK) Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Fasilitator Tangguh Bencana (FASTANA) TDMRC dan Himpunan Magister Ilmu Kebencanaan (HIBEUNA) MIK menggelar Seminar Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh di Gedung TDMRC Darussalam Banda Aceh, Sabtu (24/12/2022).

Seminar bertema “Membangun Kesiapsiagaan Masyarakat Pasca 18 Tahun Tsunami Melalui Transfer Pengetahuan dan Pengalaman dalam Menghadapi Bencana” dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU.

Kepala TDMRC USK, Prof. Dr. Syamsidik, S.T., M.Sc., dalam sambutannya menyatakan salah satu bukti kesiapsiagaan masyarakat Simeulue saat bencana gempa-tsunami 2004 adalah transfer pengetahuan dan pengalaman local “smong”, yang diturunkan dari generasi ke generasi merupakan faktor rendahnya jumlah korban akibat bencana masif 18 tahun lalu.

 

 

 

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh Dr. Rina Suryani Oktari, S.Kep., M.Si., yang juga Ketua Prodi Magister Ilmu Kebencanaan (MIK) USK, menyebut dua rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu seminar

secara hybrid dan lomba video kreatif mitigasi bencana tsunami untuk kelompok siswa SMP dan SMA sederajat.

Seminar yang dipandu oleh Azman Fauzan menghadirkan narasumber Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Fazli, SKM, M. Kes dan Ketua FASTANA Maulana Kamal, yang menjelaskan peran pemuda dan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana.

Seminar juga menghadirkan dua peneliti TDMRC yang menyampaikan hasil survei bencana di dua lokasi yang berbeda. Dr. Shaumi Syahreza, S.Si., M.Si menjelaskan hasil survei banjir di Kabupaten Aceh Tamiang, dan Dr. Yunita Idris, ST. M.Eng.Structure, memaparkan hasil survei atas gempa bumi yang dilakukan timnya di Cianjur.

Dalam kesempatan tersebut, diumumkan pemenang lomba video kreatif berdurasi 2-3 menit. Juara I dari SMP Iskandar Muda, Aceh Utara, Juara II dari SMA Labschool Banda Aceh, dan Juara III dari SMAN 2 Batang, Jawa Tengah. SMA Labschool sekaligus menerima juara favorit dengan jumlah like terbanyak.

Sumber: https://rri.co.id/daerah/120980/tdmrc-usk-gelar-seminar-peringatan-18-tahun-tsunami

Categories: